Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 51 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Padjadjaran, riset yang diselenggarakan Unpad meliputi riset  dasar dan terapan dengan tujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta  inovasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa dengan arah dan tahapan yang jelas. Kegiatan riset Unpad tersebut dilaksanakan dalam bentuk monodisiplin, multidisiplin, interdisiplin, atau transdisiplin. Oleh karena itu, Unpad mendorong semua peneliti untuk bergabung dalam naungan Pusat Riset atau Pusat Studi yang merupakan pusat keilmuan dan kepakaran yang bersifat multidisiplin, interdisiplin, atau transdisiplin.

Kebijakan Unpad dalam kegiatan riset lebih lanjut dijabarkan sebagai berikut:

  1. Sinergitas aktivitas pembelajaran dan riset dengan aktivitas pengabdian kepada masyarakat secara luas yang mendukung pencapaian SDGs dan CGs Jawa Barat.
  2. Pengintegrasian nilai-nilai luhur budaya Sunda dan PIP serta budaya organisasi RESPECT dalam proses tridharma.
  3. Penguatan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan academic leadership.
  4. Perencanaan program dan anggaran berbasis kinerja yang lebih dinamis dan kreatif dalam pengembangan Tridarma.
  5. Penguatan dan pengembangan kerjasama dan aliansi dengan para pemangku kepentingan dalam kerangka pentahelix Academic-Bussines-Community-Government-Media.
  6. Penguatan sistem kemandirian finansial dalam mendukung pelaksanaan tridharma.
  7. Pengembangan Sarana Prasarana berbasis pemanfaatan Sumber Daya bersama (resource-sharing).
  8. Pengembangan regulasi yang adaptif dalam upaya menjamin otonomi akademik seluas-luasnya untuk memastikan terciptanya produk hasil inovasi.
  9. Penguatan tata kelola yang transparan dan akuntabel.
  10. Penguatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi dan tata kelola yang transparan dan akuntabel.

Peta Strategi Riset Universitas Padjadjaran

Program Studi Ilmu Keperawatan didirikan pada tahun 1994 berdasarkan SK Rektor Unpad No.145a/PT06H/Kep /C/94, yang diperkuat SK Dikti No.200/DIKTI/Kep/1998. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan, Program Studi Ilmu Keperawatan yang tadinya berada di bawah Fakultas Kedokteran, disahkan menjadi Fakultas Keperawatan pada tanggal 8 Juni 2005 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpad No.1020/J06/Kep/ KP/2005 dan persetujuan Dirjen Dikti No.1827/D/T /2005 tanggal 1 Juni 2005.

Dengan demikian, Fakultas Keperawatan sah menjadi salah satu fakultas di lingkungan Universitas Padjadjaran. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (FKEP Unpad) sebagai pusat Pendidikan Tinggi Keperawatan tertua kedua di Indonesia dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia keperawatan yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, FKEP berupaya menata dan mengelola segala sumber daya yang dimiliki serta mengembangkan diri sehingga menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasaran kerja nasional maupun internasional. Disamping itu, visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi FKEP Unpad disusun berdasarkan kepada aturan-aturan pemerintah seperti Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Undang-Undang Guru dan Dosen, HELTS (Higher Education Long Term Strategy 2003 -2010) atau Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi, yang menekankan kepada daya saing bangsa, otonomi, dan organisasi yang sehat. FKEP Unpad juga merujuk pada visi dan misi Unpad dengan Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan” serta rencana strategis pengembangannya.